- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
Internasional214 Prajurit Lulus Pendidikan Komando Pasukan Khusus

214 Prajurit Lulus Pendidikan Komando Pasukan Khusus


ASKARA – Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si. secara resmi menutup Pendidikan Komando Angkatan 107 TA 2023 di Pantai Permisan Cilacap Jateng, Senin (7/8).

 

Pendidikan Komando 107 TA 2023 dilaksanakan selama tujuh bulan dengan jumlah peserta didik 232 orang prajurit AD terdiri dari Perwira 54 orang, Bintara 88 orang, Tamtama 90 orang, dan yang berhasil lulus pendidikan prajurit Komando berjumlah 214 orang.

 

“Semoga kualifikasi Brevet Komando yang telah kalian sandang dan Janji Prajurit Komando yang kalian ikrarkan tadi, dapat mendorong dan memotivasi kalian untuk siap mengabdikan diri di satuan Pasukan Khusus,” tegas Danjen Kopassus saat menutup Pendidikan Komando Angkatan 107 TA 2023 yang didampingi Danpusdiklatpassus Kopassus serta Para Asisten Kopassus.

 

Dijelaskan Danjen, Pendidikan Prajurit Komando terbagi dalam tiga tahap yaitu tahap Basis, tahap Hutan Gunung dan tahap Rawa Laut. Tahap Basis adalah tahap dasar  atau ilmu ilmu dasar yang wajib dimiliki para prajurit Komando baik secara perorangan, kelompok maupun hubungan Tim, akhir Tahap Basis  ditandai dengan  UKK (Uji Keterampilan Komando) dan tes Psikologi Khusus yang membutuhkan tekad yang tinggi serta Karakter Prajurit Individu, dimana dalam keadaan stress dan lelah kalian tetap mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

 

Kemudian Tahap Gunung Hutan merupakan aplikasi semua materi teknik dan taktik yang didapatkan selama tahap basis. Sebagai Prajurit Komando harus mampu mempertahankan diri dari berbagai macam medan dan cuaca yang ekstrim bahkan hingga nyawa sebagai taruhannya, sehingga terbentuk Jiwa Korsa sebagai prajurit Komando. Dan Tahap Gunung Hutan diakhiri dengan ditandainya kegiatan Long March dari Bandung ke Cilacap dengan 10 etape siang dan malam hari, sejauh 455 km.

 

Tahap Rawa Laut merupakan tahap akhir Pendidikan yang harus dapat dilalui sebagai siswa Komando. Rawa dan Laut adalah media yang sangat sulit untuk dihadapi dengan tantangan gelombang dan arus laut, pasang surut air laut, lumpur hidup daerah rawa, sungai lebar, yang harus dikombinasikan dengan kegiatan teknik dan taktik khusus. 

 

” Kalian harus mampu mempertahankan cover sendiri dengan  berbagai tekanan sehingga terbentuk Karakter prajurit Komando yang sanggup menjaga segala rahasia tentara dengan sekeras-kerasnya, sekali lagi saya tegaskan, Pendidikan Komando ini bukanlah akhir perjuangan kalian, tetapi justru menjadi awal langkah kalian untuk berkarya dan mengabdi kepada TNI, Bangsa dan Negara sebagai Prajurit Pasukan Khusus,” tegas Danjen Kopassus Mayor Jenderal  TNI Deddy Suryadi mengakhiri amanatnya.

 





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme