- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
PolitikBill Gates: Ubah Pandanganmu tentang Tidur demi Kesehatan Otak yang Optimal

Bill Gates: Ubah Pandanganmu tentang Tidur demi Kesehatan Otak yang Optimal


JAYAKARTA NEWS – Dalam podcast “Unconfuse Me with Bill Gates,” sosok Bill Gates menceritakan pengalamannya yang menarik terkait pola tidur dan dampaknya pada kesehatan otak.

Ketika memimpin Microsoft pada usia 30-an dan 40-an, miliarder dan pendiri perusahaan tersebut, Gates, memaparkan bagaimana ia dulu bersaing dengan koleganya untuk melihat siapa yang bisa tidur paling sedikit. Dia dan para miliuner itu menganggap, hal tersebut sebagai ukuran produktivitas yang tinggi.

Detail menarik ini terungkap dalam episode terbaru podcast-nya, di mana tamu-tamu menarik seperti Seth Rogen dan Lauren Miller Rogen juga hadir.

Ternyata, Gates mengungkapkan, “Saya dulu bisa bilang, ‘Saya hanya tidur enam jam.’ Kemudian orang lain bilang, ‘Saya hanya tidur lima jam!’ atau ‘Saya kadang-kadang bahkan tidak tidur sama sekali.’”

Pada masa itu, di usia 67 tahun sekarang, Gates merasa terinspirasi untuk berkompetisi dan terus berusaha lebih keras, karena dalam pandangannya, tidur diartikan sebagai tanda kemalasan dan kurang produktif.

Namun, pandangan Gates berubah total setelah ayahnya didiagnosis menderita penyakit Alzheimer. Ini menjadi momen penting yang menggerakkan Gates untuk mempelajari lebih dalam tentang kesehatan otak.

“Salah satu hal paling penting yang terungkap dari penelitian di bidang [Alzheimer] ini adalah betapa pentingnya tidur yang baik,” katanya.

“Tidur yang baik ternyata menjadi salah satu faktor prediktif utama dari berbagai jenis demensia, termasuk Alzheimer. Seberapa baik Anda tidur ternyata sangat memengaruhi risiko Anda terkena masalah otak ini.”

Menurut studi Harvard Medical School tahun 2021, orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas yang tidur kurang dari lima jam per malam memiliki risiko dua kali lipat mengalami demensia atau meninggal dalam waktu lima tahun, jika dibandingkan dengan mereka yang tidur antara enam hingga delapan jam per malam.

Studi ini dilakukan dengan menganalisis lebih dari 2.800 partisipan yang berusia 65 tahun ke atas dalam National Health and Aging Trends Study. Hasil penelitian tersebut menunjukkan keterkaitan erat antara kualitas tidur dan kondisi kesehatan otak pada usia lebih lanjut.

Gates juga menyoroti pentingnya tidur bagi generasi muda. Menurut American Academy of Sleep Medicine, remaja yang mendapatkan delapan hingga sepuluh jam tidur per malam memiliki pertumbuhan intelektual yang optimal, kesehatan mental yang baik, dan daya ingat yang lebih tajam. Untuk usia 20 hingga 64 tahun, tidur tujuh hingga sembilan jam per malam dianggap berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental yang optimal, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Dalam perbincangan podcast yang menarik ini, Seth Rogen, seorang aktor dan produser terkenal, juga setuju dengan pandangan Gates. Ia menyampaikan bahwa ketika ia masih muda, pandangan umum adalah “Anda akan tidur nanti saja setelah mati. Tidur tidak begitu penting. Anda tidak memerlukannya.” Namun, kini kita tahu bahwa pandangan tersebut sangat bertentangan dengan kenyataan. Ternyata, tidur merupakan salah satu kunci utama dalam menjaga kesehatan otak yang optimal.

Gates sendiri kini lebih bijak dalam merawat tidurnya. Ia mengatakan bahwa sekarang ia tidur minimal tujuh jam per malam dan bahkan mengamati “skor tidur”nya setiap hari. Konsep “skor tidur” ini mencerminkan sejauh mana tubuhnya pulih selama semalaman, dengan mempertimbangkan durasi dan kualitas tidur yang ia alami.

Sementara Gates tidak secara spesifik menyebutkan alat apa yang digunakannya untuk melacak “skor tidur,” banyak perangkat yang dapat dipakai, seperti Fitbit atau Apple Watch, memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Bagi Gates, upaya menjaga kualitas tidur dan memantau pola tidurnya telah menjadi suatu hal yang “sangat penting” dalam menjaga kesehatan dan produktivitasnya.

Podcast ini, melalui berbagai pengalaman dan pandangan yang dibagikan oleh Bill Gates dan tamunya, memberikan wawasan yang berharga tentang betapa pentingnya tidur yang baik dan dampak positifnya pada kesehatan otak dan produktivitas. Dalam era di mana ketidakcukupan tidur sering dianggap sebagai norma, podcast ini memberikan perspektif yang mendalam dan mengingatkan kita tentang nilai penting tidur yang sebenarnya.(sm)



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme