- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
EkonomiCerita Ganjar soal Pusing UMKM Jateng Cari Modal karena Bunga Tinggi

Cerita Ganjar soal Pusing UMKM Jateng Cari Modal karena Bunga Tinggi



Jakarta, CNN Indonesia

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerahnya mengalami kesulitan dalam mengakses modal. Para pelaku UMKM disebut pusing karena kenaikan suku bunga.

“Biasanya dengan suku bunga sangat tinggi, mereka (UMKM) cukup dibuat pusing. Apalagi kemarin dengan pandemi makin pusing lagi,” kata Ganjar dalam acara KUR Awards dan Penyaluran KUR untuk UMKM di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

Untuk mengatasi kondisi itu, Ganjar mengatakan pihaknya telah mensosialisasikan berbagai instrumen. Salah satunya dengan program KUR oleh Bank Jawa Tengah dengan suku bunga persen 7 persen. Ganjar menyebut Jateng lebih dulu memberikan KUR dengan bunga 7 persen dibanding KUR nasional.

Selain akses modal, Ganjar mengatakan UMKM di Jateng juga mengalami kendala dalam pengetahuan produk atau product knowledge. Para UMKM disebut hanya bisa membuat produk tetapi tidak bisa memasarkannya.

Untuk mengatasi itu, Ganjar mengatakan Pemprov Jateng telah mengadakan pembinaan melalui coaching clinic kepada UMKM itu.

Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang mendapat penghargaan provinsi dengan strategi terbaik dalam penyaluran KUR pada 2022. Provinsi lainnya yaitu Jawa Timur dan Lampung.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta tambahan KUR untuk daerahnya. Permintaan itu ia sampaikan di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ia mengatakan saat ini penyaluran KUR di Lampung sebenarnya sudah optimal tetapi hanya sebatas sektor pangan. Ke depan, ia meminta agar KUR juga diberikan untuk pengembangan komoditas perkebunan seperti kopi dan cokelat.

“Saya ingin mengembangkan karena ini relasinya hanya kepada pangan. Tapi kami juga penghasil kopi, penghasil cokelat nomor dua, penghasil udang dan sebagainya. Ini mungkin akan kita tindaklanjuti setelah acara ini. Tapi tolong kepada bu menteri keuangan agar buka dikit buat saya,” katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/agt)







Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme